Kamis, 12 Oktober 2023

Nasihat Kang Mas Tik PSHT Ranting Sedati

 

Bismillah. 

Rangkuman Nasihat dari beliau KANG MAS TIK T-II RANTING SEDATI KEPADA SELURUH ANGGOTA PSHT. 

Panca dasar .
1. Persaudaraan
Apakah produk (cara mendidik)  yg dihasilkan (siswa yg di didik)  sudah memiliki (memahami makna) persaudaraan yg kuat. 

2. Olah raga
 Apakah sudah sehat badannya (siswa mendapatkan manfaat kesehatan dari pelatihan) , dowernya sudah bagus (penanaman materi baku sudah baik), weteng-e'atos : sper perutnya sudah menghasilkan otot sbg pelindung organ2 dibalik perut.. 

3. Bela diri
Apakah produk yg dihasilkan (warga baru) bisa mandiri percaya diri, memiliki materi/bekal yg bagus & cukup saat menghadapi kesulitan diluar tanpa mengandalkan cara keroyokan, menjunjung  jiwa ksatria, bukan jiwa yg cengeng jikalau ada masalah akan condong "memanfaatkan" kata SOLIDARITAS PERSAUDARAAN .

Sering ditemui penerapan diri setelah disyah ka sbg warga mengabaikan makna jiwa ksatria nya,  lembek mentalnya,  cengeng kepribadian nya,  mendorong saudara2nya terseret arus kenakalan, penganiayaan bahkan terseret pelanggaran2 etika, budaya bermasyarakat, pelanggaran hukum,  dan buruknya adalah pelanggaran2 diri dalam makna manusia beragama. 

4. KESENIAN
SH terate adalah salah satu aliran budaya pencak silat mulai terkikis teknik2-seni2 dari identitas dari bentuk silat PSHT itu sendiri, krn lebih fokus kdlm pertandingan. Dan akhirnya hilang kembangan2 - seni2 keindahan dalam gerak tubuhnya. 

Menghidupkan kembali seni dalam gerak2 tubuh adalah tugas dan PR bersama, agar keindahan yg dulu pernah dibanggakan dalam gerakan2 silat PSHT bisa dimunculkan lagi dimasa ini.

5. KE-ESHA-AN, KE-ROHANIAN, KE-ORGANISASIAN . 
Warga PSHT sudah memiliki 4 bekal dari panca dasar sebelumnya, jika kerohanian nya tidak bagus,  apa yg terjadi..?
 Kematangan mental, emosional, tata krama,  adab, etika, sopan santunnya hilang karena hatinya-cara bersosialnya sudah berpindah ke dalam dunia media sosial. Mematikan naluri sosialnya dikehidupan yg nyata. 

 Jika panca dasar sudah ditanamkan dan dipahami dg baik, akan memudahkan bekal diri dalam memahami dan menjalankan TRI BAKTI.  
Yaitu berbakti kepada :
1. Tuhan YME
2. Orang Tua
3. Guru-Pelatih


Pesan penting : Latihlah siswa dengan waktu yg cukup agar tingkat kedewasaan dan kematangan baik dari sisi jasmani & ruhaninya tercukupi, mengutamakan KUALITAS dibanding KUANTITAS. Karena kuantitas yang tidak diimbangi dengan kualitas justru akan menimbulkan kerugian dibanyak hal.

......*╔═❉͜͡ ✨⚙️🩴✨ ️͜͡❉═╗*
           *🤲Barakallah🤲*
  #tiada_hijrah_yang_sia_sia
      *╚═❉͜͡ ✨⚙️🩴✨ ️͜͡❉═╝*.

..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.